Mengenal Kompang, Alat Musiknya Orang Melayu

Bookmark and Share

Kompang adalah alat musik tradisional milik masyarakat melayu. Alat musik ini termasuk dalam instrument pukul seperti gendang dan gamelan. Meski saat ini instrument ini termasuk dalam alat music tradisional bangsa melayu, namun sebenarnya alat musik ini berasal dari Arab yang kemudian dibawa ke tanah Melayu pada zaman kesultanan Malaka oleh para pedagang India Muslim sekitar

Kompang biasanaya dimainkan pada masa perarakan, kenduri dan upacara – upacara tradisional yang lain. Cara memainkan kompang pun terdiri dari dua bagian yaitu dengan paluan tradisi dan paluan modern. Pada paluan tradisi kompang dimainkan dengan caera sambil menyanyikan lagu – lagu atau syair Arab ataupun Melayu klasik. Namun pada teknik paluan modern, kompang dimainkan dengan sambil menari. Tradisi ini sebenarnya sangatlah perlu untuk dilestarikan mengingat semakin sedikitnya instrument musik ini dimainkan pada masa sekarang. Untuk itu sebagai Bangsa Melayu, alangkah mulianya jika melestarikan tradisi dan alat musik ini agar tetap ada.

Jika anda peduli terhadap tradisi lokal ini, anda bisa saja ikut ambil bagian dalam melestarikannya. Disini anda bisa membeli alat musik ini sebagai sarana dalam merayakan tradisi – tradisi yang ada di lingkungan anda. Jika anda tertarik dengan instrument ini, anda bisa memesannya baik secara grosir, eceran maupun keagenan, karena alat music ini tidak selalu ada di toko musik biasa. Sebagai orang yang bangga terhadap tradisi local, mari lestarikan tradisi yang telah ada dan jangan biarkan tradisi yang telah lama ada ini hilang begitu saja.

Temukan lebih banyak informasi seputar toko musik tradisional

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger