Mengenal Manfaat Dan Cara Membuat Teh Rosella

Bookmark and Share



Teh Rosella - Nama Latin: Hibiscus sabdariffa, L atau ada juga yg menuliskan Hibiscus rosa sabdariffa.

Bagian rosella yg dikonsumsi ialah kelopak bunga atau buahnya yg dipanggil kaliks. Kaliks berwarna merah terang dan bersifat mudah patah. Kaliks ini dikeringkan dan diseduh sebagai teh, digunakan dalam campuran juice, juga dipakai dalam campuran kue sebagai pewarna dan pengharum. Daun rosela yg asam bisa dipakai sebagai pemberi rasa asam pada makanan seperti pada sup tomyam dan sup ikan.

Cara membuat teh rosella sangat gampang. Saya menggunakan rosella asal egypt / mesir yg disebut karkade / karkadeh. Biasanya saya ambil bbrp kuncup, saya bersihkan secara cepat dibawah kucuran air matang (gunanya untuk membuang debu yg mungkin ada saat bahan rosella dikeringkan dan dipak). Kemudian saya seduh dgn air panas, biarkan bbrp saat sampai airnya merah lalu diminum. Saya minum tanpa tambahan apa2. Bagi yg gak biasanya dgn rasanya, mungkin untuk menghilangkan bau rebusan campurkan dgn sedikit perahan jeruk nipis atau titiskan atau beri madu..

Kegunaan, manfaat / khasiat Rosela
Rozel / Rosella mempunyai sifat astrigen dan antiseptik. Bisa digunakan sebagai obat batuk, diare dan berak berdarah. Kandungan vitamin C / asam askorbat yg tinggi membantu tubuh membangun sistim imunisasi / sistem pertahanan melawan penyakit. Kegunaan lain (biasanya tertulis dibungkusan kemasan rosella :
Menurunkan kolesterol dalam darah
Menurunkan tekanan darah
Menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes
Sebagai detoks, menetralkan racun
Menghambat tumbuhnya kanker
Menjaga stamina
Menurunkan tingkat penggumpalan lemak di hati
Menyeimbangkan berat badan
Mengurangi panas dalam dan susah buang air besar
Membantu memulihkan dari ketergantungan obat
Mengurangi pusing / migraine
Mengandung multivitamin, termasuk vitamin C dan beta karoten
Mengobati batuk, diare.

Sumber: ciomasonline.com
Temukan Info Lain Seputar Teh Rosella

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger