Daya Tarik Dari Ikan Arwana

Bookmark and Share




Ikan Arwana atau bahasa latinnya disebut Sclerophages Formous atau bahasa gaulnya Dragon Fish, bahasa kampungnya ikan payang, siluk, silok, kelasa, khayangan atau juga kalikasi.

Ikan Arwana mempunyai daya tariknya terletak pada sosok tubuhnya dan warnanya. Tubuhnya yg kekar dan sisik mengkilap tampak keren saat catwalk di Aquarium kita.
dan salah satu alasannya arwana ini di percayai sebagai ikan pembawa keberuntungan dan banyak lagi alasannya antara lain sebagai simbol keberhasilan, keperkasaan, dan kejayaan pemiliknya.

A.Kelas Sclerophages Formous.

1. Ikan Arwana Super Red.

terletak pada sisiknya yang berwarna merah menyala dan memancarkan warna kuning di beberapa bagian tubuhnya.
Batas sisik yang jelas ( ring ) terdapat di bagian kepala dan punggungnya, bagian tepi siripnya berwarna kemerahan, lingkaran sisiknya berwarna merah kekuningan hingga merah terang, bibirnya berwarna merah.
Habitatnya di alam liar di pulau kalimantan, di air yang tenang tidak berbatu, ada di sungai dan danau.

2. Ikan Arwana Golden Red.

Cirinya berwarna kuning keemasan, terutama pada sisik kepalanya.
Batas antara sisik punggung dan kepala berwarna kehitaman, dan di bagian ekor dan sirip belakang berwarna kemerahan, bibirnya tidak merah seperti super red.
Ini hidup di alam liar sekitar perairan Jambi, Riau, Medan.

B.Kelas Sclerophages Jardini.

Ini sering juga kita sebut sebagai ;

1. Ikan Arwana Irian.

ini ikan banyak banget di perairan irian atau sekarang kita kenal dengan nama Papua.
dapat juga bertatap muka di bagian utara sungai Queensland dan bagian selatan sungai jardine, Australia...hahaha..fren butuh pasport untuk lihatnya.
ciri khasnya memiliki bintik merah yang menghiasi di seluruh tubuhnya, yang paling menonjol terletak di bagian ekor dan siripnya yang berwarna dasar coklat kehijauan dan warna keperakan tampak di bagian perut dan warna kemerahan menghiasi tubuh bagian belakang.

C. Osteoglossum Bicirrhosum.

Ini sering juga kita sebut sebagai ;

1. Ikan Arwana Silver atau nama bekennya Naga Perak....yang ini paling banyak orang belinya dan harga relatif terjangkau untuk anak kost-kostan kayak daku, hahaha...
ciri khususnya sisik-sisik di tubuhnya yang berwarna keperakan, akan kelihatan indah bila terkena cahaya matahari atau lampu....dan rupanya ikan ini seing disebut dengan Arwana Brasil karena banyak di jumpai di perairan sungai amazon.

D. Osteoglossum Ferreirai.

Ikan Arwana yang berasal dari Brazil, hidup di sungai-sungai. ikan ini senang dipanggil dengan Black Brazil atau Black Arwana. tapi jangan salah juga fren warna hitamnya tidak selalu hitam juga, seiring bertambah umurnya warna kehitaman akan memudar dan berubah menjadi perak kekuningan, bentuknya mirip dengan arwan silver.

E. Arapaima Gigas.

Brazil lagi bo....nama kerennya Pirarucu ini merupakan ikan arwan paling besar, bisa panjang sampai 3meter atau 4 meter lebih.ikan arwana ini berwarna kuning kehitaman dan berubah menjadi putih keperakan setelah gede. Ikan arwana bisa bertahan di oksigen yang minim karena dia bisa buat gelembung udara sendiri sehingga dapat membantu proses pernafasan.


http://pets.motionforum.net/

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger