Bagaimana Mencari Pembantu Yang Cocok

Bookmark and Share


Kesibukan dalam menjalani hidup sehari-hari di dalam dan di luar rumah sudah tentu membutuhkan bantuan dalam mengurus kegiatan rumah tangga. Bisa juga bantuan diperlukan ketika penghuni rumah malas untuk melakukan kegiatan rutin kerumahtanggaan seperti menyapu, mengepel, mencuci, mengelap, memasak, mebersihkan, menguras, menjemur, menyeterika, dan lain-lain.

Yayasan Penyalur Pembantu Rumah Tangga adalah orang yang menawarkan jasa membantu melakukan kegiatan rumahtangga orang lain.

Terkadang ada saja orang yang menganggap pembantu adalah budak yang bebas untuk kita perlakukan. Banyak kasus penganiayaan pembantu oleh majikan (penyewa pembantu) yang berujung pada dipenjaranya majikan kejam. Palaku biasanya baru menyesal setelah semua terjadi. Pembantu rumah tangga memang rentan menjadi korban tindak kejahatan majikannya.

Tips Cara Mencari Pembantu Rumah Tangga :

1. Melalui Yayasan Penyalur Pembantu Rumah Tangga

Biasanya di koran, majalah, poster, pamflet dan sebagainya ada yang menawarkan Yayasan Penyalur Pembantu Rumah Tangga ke rumah kita dengan tarif yang telah ditentukan sehingga kita sulit untuk nego harga. Pembantu yang berasal dari Yayasan Penyalur Pembantu Rumah Tangga biasanya cukup dikhawatirkan para majikan karena bisa saja mereka adalah komplotan atau individu pencuri spesialis rumah majikan meskipun itu tidak semua.

2. Melalui Pembantu Tetangga Atau Kenalan

Pembantu bisa kita tanyai apakah mereka punya kenalan atau saudara yang mau jadi pembantu rumah tangga. Mintalah rekomendasi orang yang baik-baik dan sudah berpengalaman terbaik menurut si pembantu yang kita tanya. Jangan lupa memberi tips (uang) sewajarnya kepada pemberi rekomendasi setelah kita mendapat pembantu. Jika pemukiman pembantu yang kita tanya tidak jauh dari tempat tinggal kita maka kita bisa memilih pembantu yang menetap/menginap di rumah kita atau yang pulang setengah hari seperti orang kantoran.

3. Melalui Teman, Saudara Atau Kenalan

Kalau anda atau pasangan punya kampung halaman, tidak ada salahnya menanyakan apakah warga atau saudara di sekitar kampung ada yang mau dijadikan pembantu untuk kita. Bisa juga kita menanyakan ke teman atau sodara untuk rekomendasi pembantu yang mereka tahu. Pembantu yang dikenal baik oleh teman dan saudara kita biasanya membuat kita tenang dan tidak khawatir pembantu kita berbuat tindak kriminalitas.

Tips Tambahan Mengenai Pembantu Rumah Tangga :

Pelajari dulu gaji standar pembantu di sekitar rumah kita.

Jika kerja pembantu baik sebaiknya naikkan gaji sepantasnya agar ia betah terus bekerja dengan kita.

Berikan perilaku yang ramah dan kekeluargaan agar pembantu betah dan kerasan.

Pecat pembantu jika sudah sulit diatur, sering membuat keributan, terlalu sering pacaran, sering bolos, mengatur-atur, menggoda anggota keluarga kita, sering bohong, dll dengan memberi pesangon secukupnya.

Jangan terlalu memforsir kerja pembantu karena prt juga manusia.

Berikan thr satu kali gaji saat lebaran dan sering memberi bonus jika bekerja baik.



http://organisasi.org/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger