Perhatikan Cat Mobil Anda

Bookmark and Share


Bodi Mobil adalah terbuat dari pelat besi yang akan berisiko terserang korosi. Kecuali mobilnya adalah Jaguar XJ dan Audi A8 yang menggunakan aluminium sebagai bahan pembuat bodinya. Bodi berkarat disebabkan oleh air hujan, bila air hujan masuk ke celah-celah dan sudut bodi dan tercampur dengan kotoran seperti pasir dan lumpur yang kurang mendapat perhatian sehingga mengakibatkan karat.

Body mobil, bila tidak terawat baik dan tidak dilindungi dengan anti karat yang baik, sangat rentan terhadap karat. Memang kita tidak dapat menghilangkan karat yang terjadi akibat proses alami, tetapi setidaknya kita dapat memperlambat proses pengkaratan dengan cara pengecekan pada mobil secara berkala.

Beberapa pencegahan yang dapat anada lakukan sebelum “penyakit” itu datang sebaiknya anda melakukab beberapa tips berikut :

*Perhatikan cat body mobil anda
Bila anda menemukan area dimana cat mobil anda mengelupas atau retak, segeralah ambil tindakan agar karat tidak timbul pada area tersebut.

*Disiplinkan anda dalam merawat mobil
Cuci mobil anda secara teratur, anda dapat melakukannya sendiri minimal seminggu sekali. Anda perlu mencuci mobil anda minimal 2 minggu sekali untuk ke pencucian mobil dan mendapatkan penyemprotan dengan air bertekanan (cuci steam) lakukan pembersihan di kolong mobil untuk anti karat.

*Pasang aksesoris pencegah karat
Pasanglah berbagai macam aksesoris anti karat, seperi penahan lumpur (mud flaps pada semua spatbor), pasang karpet yang terbuat dari plastik atau karet untuk melindungi rembesan basah di dalam mobil, dsb.

*Perhatian bagi anda yang beraktivitas dekat pantai
Bagi anda yang beraktivitas di daerah pantai, harus selalu memperhatikan mobil anda , karena air yang bercampur dengan garam lebih berbahaya daripada air yang mengandung lumpur atau air saja. Air yang mengandung garam dapat membuat karat pada besi bisa terjadi dalem hitungan jam dan membuat anti karat anda tidak berguna. Perhatikan dan usahakan mobil selalu bersih dan kering saat parkir di garasi, upayakan jangan ada air garam yang menempel pada bagian mobil anda.

*Segera melakukan Tindakan
Apabila melalui genangan atau turun hujan, sebaiknya anda segera membersihan dan mengelap bagian yang terkena air sebelum air dan kotoran menumpuk pada bagian mobil anda. Bila mendapati mobil berkarat, jangan menunda lagi untuk memperbaiki. Segera ke bengkel untuk melakukan perbaikan anti karat.

Anda bisa saja memperbaiki sendiri gejala karatan pada body mobil anda, tetapi kami menyarankan untuk menyerahkannya ke bengkel agar penanganannya professional. Tetapi bila anda memutuskan untuk mengerjakannya sendiri,

Berikut tipsnya:

*Lakukan lokalisasi area karat dengan menhancurkan bagian yang mulai mengelembung yang diakibatkan karat.

*kemudian lakukan hingga ke bagian yang belum terjangkiti karat.

*Biarkan bagian itu berlubang sampai benar-benar kering

*Isi lubang tersebut dengan dempul dan ratakan sesuai dengan lekuk mobil

*Ampelas halus bagian yang baru saja anda dempul

*Lapisi dengan cat baru.


Kalau karat sudah melebar dan banyak sebaiknya anda segera ke bengkel untuk mendapatkan penanganan anti karat yang baik.



http://www.situsotomotif.com/
Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger