Turki Bentuk Komisi Penyelidik Kasus Mavi Oleh Israel

Bookmark and Share

Turki membentuk satu komisi untuk melakukan penyelidikan sendiri menyangkut serangan Israel terhadap armada kapal yang membawa bantuan untuk Gaza yang menewaskan sembilan warga Turki, kata kementerian luar negeri, Kamis. Komisi itu, yang bekerja di bawah pengawasan kantor perdana menteri, akan menyelidiki serangan itu dan perlakuan terhadap aktivis "sebelum menulis sebuah laporan menyangkut penemuan mereka, kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan.

Laporan itu akan disampaikan kepada tim penyelidik internasional yang dibentuk PBB awal bulan ini untuk menyelidik operasi militer Israel itu, tambahnya. Komisi Turki itu akan beranggotakan para birokrat dari kementerian-kementerian luar negeri, kehakiman, dalam negeri dan transpor serta para pejabat dari badan maritim. Pernyataan itu tidak mengatakan kapan komisi itu akan merampungkan laporannya.

Serangan pasukan komando Israel 31 Mei terhadap armada enam kapal yang berlayar di perairan internasional memicu kecaman internasional terhadap Israel dan mengakibatkan hubungan Turki dengan negara Yahudi itu mengalami krisis. Pada Juni, para jaksa Turki juga melakukan penyelidikan terhadap para pemimpin penting Israel, yang menghasilkan menuduh mereka antara lain terlibat pembunuhan, pencederaan, menyerang warga Tirki di laut lepas dan perompakan, kata laporan-laporan pers.Israel membentuk dua penyelidikan internal terhadap serangan itu,tetapi Turki menolak penyelidikan mereka dan menyatakan ragu karena keberpihakan mereka. Ankara mengatakan pihaknya percaya komisi PBB akan menjernihkan insiden itu tetapi Israel mengancam akan keluar dari penyelidikan itu jika komisi PBB bersikeras untuk memeriksa serdadu-serdadu Israel.

Israel mengatakan pasukan komandonya melakukan tindakan membela diri setelah mereka diserang para aktivis di kapal itu. Para aktivis mengatakan serdadu serdadu itu menembak segera setelah mereka naik ke kapal-kapal itu.

Sumber republika.co.id

Temukan semuanya tentang Bisnis & Pasang Iklan : Iklan & Jasa - Iklan Baris & Iklan Gratis – Indonesia

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger