Sejuta Manfaat Protein

Bookmark and Share
Sebagai salah satu sumber energi utama, protein memiliki peran begitu penting. Sudah cukupkah kebutuhan protein anda?

Protein mutlak diperlukan tubuh selama masa pertumbuhan. Tak hanya itu, protein juga berperan dalam proses regenerasi sel, penyembuhan luka, menjaga kesehatan tubuh dengan memproduksi antibodi, hemoglobin, dan mengatur kerja hormon serta enzim dalam tubuh.

Protein umumnya diperoleh dari makanan, sumber protein lengkap mengandung semua asam amino esensial. Protein hewani dari ikan, daging, telur dan susu dikategorikan sebagai sumber protein lengkap. Namun Protein Hewani umumnya mengandung lemak jenuh dan kolestrol tinggi. Sedangkan sumber protein tidak lengkap yang mengandung sebagaian asam amino esensial, umumnya diperoleh dari protein nabati seperti sayur -sayuran, biji - bijian,dan Kacang - kacangan.




Protein Kedelai dan Manfaatnya

Kedelai sejak lama diolah menjadi berbagai makanan dan minuman. Kandungan kedelai adalah asama lemak tak jenuh dan sumber protein yang setara dengan daging, susu,dan telur. Untuk memenuhi kecukupan protein The United States Food and Drug Administration menganjurkan untuk mengonsumsi sedikitnya 25 gram protein kedelai setiap harinya. Protein kedelai memiliki kandungan isoflavon cukup tinggi dimana didalamnya terdapat fitoestrogen yang fungsinya setara dengan hormom wanita, estrogen. Manfaat isoflavon antara lain:

Mampu mengurangi kadar kolestrol jahat dalam darah
Isoflavon berfungsi sebagai estrogen replacement therapy bagi wanita menopause hingga membantu mengurangi night sweat
Isoflavon membantu mencegah osteoporosis dengan cara meningkatkan penyerapan mineral, menjaga kepadatan tulang, meningkatkan massa tulang. Pada anak - anak, isoflavon juga dapat membantu mempercepat pembetukan tulang.

Protein kedelai dengan ekstrak green tea, akan menambah sempurnanya asupan harian protein bagi anda. Sebelum mengonsumsi protein perlu diperhatikan kualitas daya cernanya yang diukur dengan PDCAAS*.




{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger