Tips Jitu Perawatan Rem Mobil Untuk Keamanan

Bookmark and Share



Rem mobil adalah bagian yang terpenting dari mobil dan kondisinya harus selalu prima karena rem mobil sangat membantu sekali saat anda menjalankan mobil, bila rem mobil anda problem tentunya tidak nyaman dan tidak baik anda gunakan mobil untuk bepergian apa bila remnya bermasalah, berikut ini adalah cara perawatan rem mobil yang baik:


Langkah pertama adalah melepas roda, kemudian dilanjutkan dengan bagian rem-nya. O ya, Pada rem mobil terdiri dari dua jenis yaitu disk brake dan rem teromol, seperti dibawah :

Disk brake :
Lepas kampas rem dari Kaliper / piston rem, lalu bersihkan permukaan kampas menggunakan ampelas kasar. Ampelas juga bagian piringan cakram menggunakan ampelas yang sama. Tidak usah terlalu lama dalam mengamplas, secukupnya saja yang penting kotoran yang ada pada piringan hilang.
Beri stempet
Semprot seluruh bagian rem seperti piringan, kaliper, serta kampas dengan pembersih karbon khusus rem (Brake Cleaner) atau dapat juga dengan menggunakan bensin. Jika sudah, berilah semacam stempet pada bagian belakang kampas rem yang bersentuhan langsung dengan piston rem. Ingat jangan dibagian kampas rem yang bersentuhan langsung dengan piringan rem.

Tromol :
Lepas tutup tromol dari tempatnya. Pada teromol mobil Honda Freed, gunakan baut serta kunci 12 untuk melepasnya. Masukan baut 12 ke dalam lubang yang tersedia lalu putar mengunakan kunci 12 hingga terdengar suara “tek”. Lepaskan tutup tromol. Ampelas bagian dalam tutup tromol serta kampas rem menggunakan ampelas kasar. Jika sudah semprot bagian – bagian tersebut menggunakan cairan pembersih karbon khusus rem atau bisa juga menggunakan bensin. Pasang kembali tutup teromol dengan memasukannya ke tempat semula.

Periksa Minyak Rem :
Jika diperlukan anda dapat memeriksa kondisi minyak rem dengan mengeluarkan angin yang ada di dalam selang rem. Pertama siapkan selang berukuran yang pas untuk memasukan mulut nipel. Jadi ujung selang memasukan mulut nipel, sedangkan ujung selang yang satunya lagi ke tempat pembuangan minyak rem. Minta bantuan kepada sahabat, teman atau mungkin pacar untuk mengocokan pedal rem beberapa kali, lalu tahan. Kendurkan nipel dengan kunci pas, lalu kencangan kembali. Ulangi cara ini beberapa kali sesuai felling anda.

Jangan lupa selalu periksa minyak rem apakah ada di batas minimal atau tidak, jika ya tambahkan minyak rem hingga batas maksimal yang telah diberi tanda. Tidak ketinggalan, periksa kondisi ketebalan kampas rem. Jika dirasa sudah tipis sebaiknya gantilah kampas rem tersebut. Yang pasti bahaya kalau tidak diganti.

Demikian tipsnya dalam perawatan rem mobil yang baik semoga bermanfaat untuk anda, temukan info menarik tentang harga sewa mobil malang

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger