Tips Agar Otak mampu Berkonsentrasi Lama

Bookmark and Share
Kemampuan berkonsentrasi dengan baik adalah salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seseorang dalam belajar. Tidak sedikit dari kita yang memiliki masalah dalam berkonsentrasi atau fokus kepada hal tertentu. Misalnya ketika sedang belajar otak mudah lelah sehingga tidak mampu mengerjakan tugas dengan baik dan hasilnya tentu tidak baik pula.

Masalah ketidakmampuan dalam berkonsentrasi ini bukanlah hal sepele, hal kecil seperti inilah yang menentukan apakah seorang bisa berhasil atau tidaknya. Mereka yang bisa fokus berkonsentrasi dengan benar akan lebih mendapatkan hasil yang jauh lebih baik dibanding mereka yang kesulitan dalam berkonsentrasi.

Contoh kecil, ketika kita shalat saja sekitar 5 menitan, untuk menuju sebuah kekhusyuan itu sulitnya luar biasa. Ada saja pikiran-pikiran yang menghalangi kita untuk fokus dalam shalat tersebut. Kendati dipaksa untuk fokus namun kadang tetap saja ada pikiran-pikiran yang mengganggu.

Faktanya, sebuah penelitian membuktikan bahwa otak kita hanya mampu berkonsentrasi dengan benar-benar baik selama 30-60 menit termasuk istirahat beberapa menit di dalamnya. Nah, bagaimana dengan mereka yang belajar atau mempunyai pekerjaan selama 8-10 jam per hari? Apakah bisa kita berkonsentrasi secara lama sesuai jam tersebut? Nah berikut ini akan diuraikan mengenai beberapa tips Agar Otak mampu Berkonsentrasi secara lama :

1. Bulatkan niat
Meskipun sepele namun niat yang bulat dan benar akan membantu anda berkonsentrasi dalam pekerjaan anda. Berikan sugesti-sugesti kepada alam bawah sadar bahwa anda akan fokus mempelajari yang sedang anda lakukan. Jangan lupa juga dengan diiringi doa kepadaNya agar diberi kekuatan dalam belajar.

2. Buat Target pencapaian
Pastikan anda membuat target-target yang jelas dan mampu dijangkau oleh otak. Jangan pernah menarget pekerjaan yang menurut anda sendiri sangat tidak mungkin. Karena dengan begitu otak akan mengirimkan informasi dan sugesti kepada anda sendiri bahwa pekerjaan itu pasti tidak bisa dilakukan dan anda pasti tidak bisa.

Jika anda mempunyai target belajar selama 5 jam, buatlah target jangka pendek misalnya, saya harus menyelesaikan tugas ini hanya dalam 2 menit. Nah jika begitu otak akan menganggap pekerjaan itu mudah dan apabila berhasil akan ada sebuah kegembiraan yang menjadi modal untuk mencoba ke langkah selanjutnya, dan seterusnya.

3.Buatlah Kondisi senyaman mungkin
Kondisi lengkungan yang nyaman dan tenteram juga menjadi salah satu faktor kemampuan berkonsetrasi dalam belajar. Karena lingkungan yang mendukung akan membuat kita nyaman berada disana. Sebelum anda melakukan tugas anda, ada baiknya anda bersihkan dauhulu tempat sekitar, hindari hal-hal yang berpotensi menggangu proses belajar atau bekerja seperti suara televisi, radio, handphone, dan sebagainya.
Ciptakan lingkungan yang bersih dan wangi, maka akan mendukung proses bekerja anda menjadi lebih baik.

4. Lakukan jeda istirahat secara berkala
Proses belajar yang terus menerus tiada henti selama 5 jam berturut-turut tidaklah sehat. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah istirahat atau peregangan secara berkala setiap 30-45 menit sekali. Tapi istirahat jangan terlalu lama karena justru akan menimbulkan rasa malas. Cukup menggerakan tubuh atau berdiri memandang keluar sebentar atau meminum air sejenak akan bisa membuat proses belajar lebih fresh dan nyaman.

5. Dukungan dari Lingkungan Sekitar
Jika anda sedang bekerja membuat laporan di Komputer, siapkanlah terlebih dahulu hal-hal yang mendukung dengan tugas yang anda lakuka tersebut. Jangan sampai ketika bekerja anda malah sibuk mencari sesuatu barang yang atau mencari informasi lain. Ini akan sangat membuyarkan konsentrasi anda.

Demikian beberapa Tips Agar Otak mampu Berkonsentrasi Lama. Semoga bermanfaat.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Poskan Komentar