Ide Pilih Meja Komputer Anak

Bookmark and Share


Meja komputer memang sebuah meja yang di desain khusus untuk komputer karena komputer memerlukan tempat yang khusus agar terlihat rapih dan tepat berikut ada beberapa tips memilih desain meja komputer untuk anak:

1. Pilihlah meja komputer dengan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruang. Perhatikan pula lay outnya dengan furniture lain. Hindarkan peletakan meja Komputer yang justru membuat ruangan menjadi berkesan sempit, sehingga tidak nyaman untuk tempat belajar anak.
2. Pilihlah bahan dengan kualitas baik agar tahan lama.
3. Jika terbuat dari bahan kayu (furniture kayu solid atau kayu olahan, dsb), bersihkan dari debu dan kotoran setiap hari. Jika terkena air segeralah dilap. Sebab jika tidak segera ditangani akan menyebabkan finishingnya memudar.
4. Sebaiknya meja komputer diletakkan di dekat jendela atau tempat yang cukup mendapatkan sinar matahari langsung, agar tidak memerlukan penerangan lampu pada siang hari.
5. Hati-hati meletakkan meja komputer. Jangan sampai membelakangi lampu ruangan agar bayangan tidak menutupi meja. Hal ini menyebabkan mata menjadi cepat lelah.
6. Lampu belajar sebaiknya ditempatkan di mana cahaya lampu langsung mengenai objek sehingga objek akan terlihat jelas dan tidak menyebabkan mata cepat lelah.
7. Jika si anak kidal, sebaiknya letakan lampu belajar di sebelah kanan. Letakkan lampu di sebelah kiri jika si anak tidak kidal. Hal ini dimaksudkan untuk mengindari terjadinya bayangan yang dapat mengganggu aktivitas belajarnya.
8. Pilihlah jenis lampu yang sesuai dengan kebutuhan dan memiliki daya terang yang cukup. Biasanya ada contoh di tempat jual beli furniture hal seperti ini. Lampu bohlam (tungsten) atau lampu pijar baik untuk lampu belajar karena cahayanya stabil. Namun karena cahayanya berwarna kuning menyebabkan mata kurang jelas dalam melihat warna-warna. Sedang lampu neon (fluoresence), baik untuk melihat warna-warna karena cahayanya putih seperti day light. Tempat jual furniture bagus biasanya menyediakan ini. Namun kelemahan dari lampu jenis ini adalah cahayanya yang sering berkedip-kedip hingga dapat mengganggu aktivitas belajar.
9. Pilihlah meja komputer dengan ukuran dan ketinggian yang ergonomis, sesuai dengan ukuran fisik anak. Perhatikan faktor kenyamanan dan keamanannya, seperti bahan yang empuk untuk dudukan dan sandaran kursi. Hal ini sangat penting untuk mencegah terjadinya kelelahan, pusing dan pegal-pegal.
10.Perhatikan juga kemungkinan perkembangan anak sehingga meja komputer dapat dipakai dalam waktu yang cukup lama (sekitar 5-6 tahun).
11.Jika bisa carilah meja komputer yang memiliki 2 ketinggian penyangga kaki.Hal ini untuk mengantasipasi jika anak bertambah tinggi, meja tersebut masih bisa dipergunakan. Perhatikan dengan seksama ketinggian penyangga kaki, jangan sampai kaki anak harus menggantung. Ini akan membuat anak tidak nyaman dan tidak betah untuk berlama-lama di meja komputer unuk belajar.
12.Pilihlah kursi yang adjustable, dapat diatur ketinggiannya. Selain untuk kenyamanan juga bisa mengikuti perkembangan anak.
13.Pilihlah desain furniture yang menarik (baik dari segi bentuk maupun warna), jangan terlalu kaku atau formil. Misal menggunakan warna-warna cerah atau warna kesukaan anak sehingga akan lebih memotivasinya.
14.Atur dan letakan perangkat komputer, seperti monitor,pc,dan assesories lainya dengan rapi,agar tidak mengganggu dan aman saat si anak mengoprasikan komputer

Demikian tipsnya dalam memilih meja komputer untuk anak semoga bermanfaat untuk anda temukan info menarik tentang desain interior rumah idaman



Temukan artikel terkait:  Tips Desain Denah Rumah Bertingkat

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger